Kebijakan bebas visa tak boleh mengganggu rasa keadilan rakyat

0
35

Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini, menyatakan, pihaknya bisa memahami tujuan pemerintah meningkatkan devisa negara melalui sektor pariwisata dengan memberikan fasilitas visa gratis ke 47 negara. Yang dikhawatirkan pihaknya, kehadiran orang-orang asing bisa mengganggu stabilitas nasional Indonesia.
“Tidak boleh asing datang membawa misi intelijen dan adu domba,” kata Jazuli, Kamis (3/9).
Selain itu, PKS menilai kebijakan bebas visa itu tak boleh mengganggu rasa keadilan rakyat. Artinya orang asing datang ke Indonesia dengan visa wisata namun bertujuan agar bisa bekerja di Indonesia. Sayangnya, dia tak menyinggung kondisi Indonesia saat ini yang, disebut oleh banyak politisi, sedang banyak terjadi PHK.
“Ini harus ada pengawasan yang ketat, baik di internal Kemkumham (Kementerian Hukum dan HAM) maupun masyarakat. Ini harus dibuat aturannya,” tegas Jazuli.
“Kita antiasing kan tak mungkin. Tapi asing kehadirannya dipastikan bukan hanya ditinjau dari melanggar keimigrasian, tapi melanggar ketenagakerjaan, juga aturan-aturan lain. Karena itu perlu terintegrasi,” kata Jazuli.
“Mereka (orang asing) itu bisa saja datang mengedarkan narkoba, bikin kegaduhan dan kerusuhan. Paling tidak, tegakkan hukum dan pegawasan yang benar. Dan jangan ada permainan di lapangan,” tambahnya.

sumber : http://www.beritasatu.com/nasional/304165-fraksi-pks-bebas-visa-bisa-jadi-alat-masuknya-intel-dan-perusuh-asing.html

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.