PKS: Kaum Santri Harus Menjadi Penjaga Karakter Kebangsaan

0
44

Jazulijuwaini.com–Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini, mengajak segenap bangsa Indonesia untuk mengambil spirit dari kepeloporan kaum santri dalam berjuang memerdekakan republik.

“Kaum santri memiliki peran dominan dalam sejarah perjuangan kemerdekaan. Maka bangsa ini wajib memberikan penghormatan dan apresiasi yang tinggi kepada para santri,” katanya.

Resolusi Jihad Hadhorutu syaikh KH. Hasyim Asy’ari sebagai ulama pendiri NU dengan pernyataannya yang terknal “Membela tanah air dari penjajah hukumnya fardlu’ain atau wajib bagi setiap individu“ menurut Jazuli Juwaini telah menyalakan gelora jihad seantero nusantara.

“Bahkan peran ulama santri ini kalau kita baca sejarah tidak pernah absen, tidak hanya saat revolusi fisik tapi saat pembentukan negara, dasar negara, konstitusi, hingga fase pasca kemerdekaan saat ini,” terangnya.

Aktualisasi peran santri yang paling penting dan utama saat ini, menurut hemat Jazuli, adalah pada penjagaannya terhadap karakter kembangsaan Indonesia.

“Kaum santri harus terdepan dalam menjaga dan menumbuhkan karakter bangsa yang relijius, berperikemanusiaan, bersatu dan berkeadilan sesuai dengan jiwa dan semangat pancasila,” ungkap Anggota Komisi I ini.

Menurut Anggota DPR Asal Banten ini, sejarah telah mencatat kepeloporan santri dalam perjuangan kemerdekaan, maka peran-peran saat ini sejatinya adalah estafet perjuangan menjaga NKRI dan menjadikannya tetap kokoh di atas nilai dan moralitas yang luhur.

“Tentu penjagaan itu akan semakin kuat jika kaum santri juga terlibat dalam proses-proses kebijakan serta dalam menghadirkan kepemimpinan yang santun, arif, dan bijaksana,” katanya.

Lebih lanjut Jazuli berharap kaum santri tidak terbawa tarikan kepentingan pragmatis karena hal itu jelas mengorbankan wibawa perjuangan dan peran kaum santri.

“Kaum santri harus bergerak dan berperan dalam tataran high politic atau politik kebangsaan,” tandas Anggota DPR asal Banten ini.

Terakhir, Doktor Manajemen yang besar di lingkungan pesantren ini, berharap agar kaum santri tampil aktif dalam mengambil peran-peran nyata dalam kemasyarakatan, pemerintahan, maupun sektor swasta. Sebaliknya negara harus memberikan afirmasi dan ruang seluas-luasnya untuk itu sebagai bentuk apresiasi atas peran sejarah kaum santri. (http://www.republika.co.id/berita/nasional/politik/16/10/23/ofh2os318-pks-kaum-santri-harus-menjadi-penjaga-karakter-kebangsaan )

SHARE
Previous articleKetua Fraksi PKS: Saya Yakin Polri Konsisten Proses Kasus Ahok
Next articleJazuli Juwaini Hadiri Pelantikan Gema Keadilan se-Banten
Dr. H. Jazuli Juwaini, MA Tempat/Tgl Lahir: Bekasi, 2 Maret 1965 Alamat: Jl. Musyawarah No. 10 RT 04/04 Kampung Sawah, Ciputat, Tangsel Riwayat Pendidikan: S1 - Univeristas Muhammad Ibnu Saud Fakultas Syariah S2 - Institut Ilmu Alqur'an Jakarta, Jurusan Tafsir Hadits S3 - Universitas Negeri Jakarta Program MSDM Riwayat Pekerjaan dan Organisasi: -Dosen di Universitas Sahid Jakarta -Anggota DPR/MPR (2004-2009) -Anggota DPR/MPR (2009-2014) -Anggota DPR/MPR (2014-2019) -Ketua Fraksi PKS (2014-2019) -Ketua Dewan Pemakmuran Masjid Indonesia (1999-2004) -Ketua PB Mathla'ul Anwar Bidang Organisasi dan SDM (2008-2013) -Anggota Majelis Wali Amanah PB Mathla'ul Anwar (2013-2018) -Ketua Bid Ekonomi DPP PKS (2009-2014) Publikasi Buku: 1. Menunaikan Amanah Umat (Pustaka Gading Mas, 2006) 2. Otonomi Sepenuh Hati: Evaluasi Implemenasi Otda di Indonesia (I’tishom, 2007); 3. Memimpin Perubahan di Parlemen(I’tishom, 2009); 4. Revitalisasi Pendidikan Islam (Bening Citra Publishing, 2011); 5. Problematika Sosial dan Solusinya(Kholam Publishing, 2012); 6. Otonomi Sepenuh Hati (Edisi Revisi) (Idea, 2015) 7. Mengawal Reformasi, Mengokohkan Demokrasi (Idea, 2015); 8. Menjadikan Demokrasi Bermakna (Idea, 2015) 9. Ulama dan Pesantren Mewariskan Indonesia Merdeka (Idea, 2017) 10. Dahsyatnya Kekuatan Doa (2017) Karya Penelitian Ilmiah: 1. Tesis Arti Penting Asbab Al-nuzul Terhadap Penafsiran Ayat-ayat Hukum (IIQ, 2007) 2. Disertasi Perubahan dan Pengembangan Organisasi DPR Pasca Perubahan UUD 1945 (UNJ, 2016)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.