PKS minta Kemlu Aktif Diplomasi Kemanusiaan Rohingya

0
51
Jazulijuwaini.com–Fraksi PKS di DPR meminta Kementerian Luar Negeri RI aktif melakukan diplomasi kemanusiaan untuk warga Rohingya, karena kekerasan yang terjadi pada warga minoritas itu di negara bagian Rakhine, Myanmar, menjadi perhatian publik tidak terkecuali rakyat Indonesia, kata Ketua FPKS Jazuli Juwaini.

“Fraksi PKS, berharap Pemerintah dalam hal ini Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menangkap kepedulian rakyat Indonesia ini dan menindaklanjuti dengan langkah diplomasi kemanusiaan yang aktif dan solutif,” kata Jazuli di Jakarta, Senin.

Dia mengatakan, liputan media yang memberitakan kekerasan dan penyiksaan terhadap etnis Rohigya telah menjadi viral di sosial media dan menimbulkan keprihatinan bahkan gerakan kepedulian di kalangan rakyat Indonesia.

Menurut dia, pemerintah Indonesia dalam hal ini Kemenlu harus sigap menyikapinya dengan langkah diplomasi kemanusiaan yang aktif dan solutif.

“Respon ini bukan saja sebagai bentuk kepedulian atas kemanusiaan dan hak asasi manusia universal tapi juga amanat konstitusi yaitu ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan perdamaian abadi serta dalam rangka membebaskan penduduk dunia dari penjajahan dan ketertindasan,” ujarnya.

Anggota Komisi I DPR itu menegaskan bahwa Indonesia bisa menjadi model bagi dunia, khususnya Myanmar, yaitu bagaimana membangun hubungan yang harmonis antara penduduk mayoritas dan minoritas.

Jazuli menjelaskan bahwa di Indonesia tidak ada masalah dengan kaum minoritas, semua hidup berdampingan secara damai karena saling menghormati dan menghargai kebhinnekaan.

“Tidak ada orang disiksa di Indonesia karena keyakinan dan statusnya sebagai minoritas,” katanya.

Dia mengatakan siapapun yang melanggar hukum, dari kelompok manapun, harus ditindak dan diproses secara hukum sehingga hukum yang berkeadilan menjadi kesadaran hukum dan tuntutan masyarakat Indonesia.

Menurut dia, dengan modalitas tersebut, Indonesia bisa memainkan peran kuat dalam mendorong resolusi dan terminasi kekerasan terhadap etnis Rohigya di Myanmar baik melalui saluran bilateral, regional ASEAN maupun multilateral. (http://www.antaranews.com/berita/598612/pks-minta-kemlu-aktif-diplomasi-kemanusiaan-rohingya)

SHARE
Previous articlePKS: Demo 2 Desember Harus Damai, Jangan Mau Ditunggangi Kepentingan Lain
Next articlePKS Apresiasi Kesepakatan Polri dan Ormas soal Demo 2 Desember
Dr. H. Jazuli Juwaini, MA Tempat/Tgl Lahir: Bekasi, 2 Maret 1965 Alamat: Jl. Musyawarah No. 10 RT 04/04 Kampung Sawah, Ciputat, Tangsel Riwayat Pendidikan: S1 - Univeristas Muhammad Ibnu Saud Fakultas Syariah S2 - Institut Ilmu Alqur'an Jakarta, Jurusan Tafsir Hadits S3 - Universitas Negeri Jakarta Program MSDM Riwayat Pekerjaan dan Organisasi: -Dosen di Universitas Sahid Jakarta -Anggota DPR/MPR (2004-2009) -Anggota DPR/MPR (2009-2014) -Anggota DPR/MPR (2014-2019) -Ketua Fraksi PKS (2014-2019) -Ketua Dewan Pemakmuran Masjid Indonesia (1999-2004) -Ketua PB Mathla'ul Anwar Bidang Organisasi dan SDM (2008-2013) -Anggota Majelis Wali Amanah PB Mathla'ul Anwar (2013-2018) -Ketua Bid Ekonomi DPP PKS (2009-2014) Publikasi Buku: 1. Menunaikan Amanah Umat (Pustaka Gading Mas, 2006) 2. Otonomi Sepenuh Hati: Evaluasi Implemenasi Otda di Indonesia (I’tishom, 2007); 3. Memimpin Perubahan di Parlemen(I’tishom, 2009); 4. Revitalisasi Pendidikan Islam (Bening Citra Publishing, 2011); 5. Problematika Sosial dan Solusinya(Kholam Publishing, 2012); 6. Otonomi Sepenuh Hati (Edisi Revisi) (Idea, 2015) 7. Mengawal Reformasi, Mengokohkan Demokrasi (Idea, 2015); 8. Menjadikan Demokrasi Bermakna (Idea, 2015) 9. Ulama dan Pesantren Mewariskan Indonesia Merdeka (Idea, 2017) 10. Dahsyatnya Kekuatan Doa (2017) Karya Penelitian Ilmiah: 1. Tesis Arti Penting Asbab Al-nuzul Terhadap Penafsiran Ayat-ayat Hukum (IIQ, 2007) 2. Disertasi Perubahan dan Pengembangan Organisasi DPR Pasca Perubahan UUD 1945 (UNJ, 2016)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.