PKS: Ibu Susi Pudjiastuti Dengarlah Jeritan Hati Nelayan

0
58

Jazulijuwaini.com–Aliansi Nelayan Indonesia menggelar aksi penolakan kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang dinilai berdampak serius pada kesejahteraan nelayanan dan perikanan Indonesia, yang digelar di depan Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (11/7) siang.

Di antara kebijakan tersebut adalah tentang larangan alat tangkap ikan cantrang, payang, dan lainnya yang dikeluarkan Menteri KKP Susi Pudjiastuti. Berbagai larangan itu menyebabkan nelayan sengsara karena kehilangan produktivitas bahkan penghasilan selama hampir tiga tahun ini.

Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini meminta Pemerintah khususnya Menteri KKP untuk mendengarkan jeritan hati nelayan tersebut dengan melakukan langkah-langkah terukur dan dialogis dengan nelayan sehingga menemukan solusi yang berpihak pada kesejahteraan nelayan.

“Baru kali ini nelayan berdemo dalam jumlah yang sangat besar. Ini menandakan batas kesabaran mereka telah habis dan hal ini wajar sekali karena berkaitan langsung dengan hajat hidup mereka,” kata Jazuli pada wartawan, Jakarta, Kamis (13/7/2017).

Ketua Fraksi PKS ini berharap Menteri KKP Susi Putjiastuti mendengar jeritan hati nelayan dan memprioritaskan upaya penyelesaiannya dengan kebijakan yang berkeadilan dan berpihak pada kesejahteraan nelayan.

“Lihatlah realitas riil kehidupan nelayan kita setelah sejumlah kebijakan KKP dikeluarkan. Lakukan evaluasi yang komprehensif, lalu segera putuskan kebijakan sesuai kebutuhan nelayan kita,” ujar Jazuli.

Setidaknya, ada 10 tuntutan yang akan disampaikan dalam aksi demo ribuan massa nelayan dari berbagai daerah tersebut. Tuntutan itu di antaranya melegalkan cantrang, payang dan lainnya sebagai alat tangkap nelayan secara permanen tanpa ada perbedaan cara pandang terhadap nelayan.

Tuntutan lainnya adalah mendesak Jokowi untuk membatalkan seluruh peraturan yang dibuat Susi Pudjiastuti karena dinilai berdampak pada hancurnya perikanan Indonesia, sesuai Inpres Nomor 7 Tahun 2016.

Mereka juga meminta Jokowi segera menerbitkan surat izin penangkapan ikan (SIPI) kapal nelayan agar bisa menjamin pasokan bahan baku ikan ke Industri atau Unit Pengolahan Ikan (UPI) di seluruh Indonesia yang saat ini mati karena ketiadaan bahan baku ikan akibat pelarangan alat tangkap cantrang, payang dan lainnya. (https://www.lintasparlemen.com/pks-ibu-susi-pudjiastuti-dengarlah-jeritan-hati-nelayan/)
SHARE
Previous articlePeringati HUT RI, Fraksi PKS Adakan Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Soekarno
Next articleIni Catatan Kritis Fraksi PKS Terhadap Perppu Ormas
Dr. H. Jazuli Juwaini, MA Tempat/Tgl Lahir: Bekasi, 2 Maret 1965 Alamat: Jl. Musyawarah No. 10 RT 04/04 Kampung Sawah, Ciputat, Tangsel Riwayat Pendidikan: S1 - Univeristas Muhammad Ibnu Saud Fakultas Syariah S2 - Institut Ilmu Alqur'an Jakarta, Jurusan Tafsir Hadits S3 - Universitas Negeri Jakarta Program MSDM Riwayat Pekerjaan dan Organisasi: -Dosen di Universitas Sahid Jakarta -Anggota DPR/MPR (2004-2009) -Anggota DPR/MPR (2009-2014) -Anggota DPR/MPR (2014-2019) -Ketua Fraksi PKS (2014-2019) -Ketua Dewan Pemakmuran Masjid Indonesia (1999-2004) -Ketua PB Mathla'ul Anwar Bidang Organisasi dan SDM (2008-2013) -Anggota Majelis Wali Amanah PB Mathla'ul Anwar (2013-2018) -Ketua Bid Ekonomi DPP PKS (2009-2014) Publikasi Buku: 1. Menunaikan Amanah Umat (Pustaka Gading Mas, 2006) 2. Otonomi Sepenuh Hati: Evaluasi Implemenasi Otda di Indonesia (I’tishom, 2007); 3. Memimpin Perubahan di Parlemen(I’tishom, 2009); 4. Revitalisasi Pendidikan Islam (Bening Citra Publishing, 2011); 5. Problematika Sosial dan Solusinya(Kholam Publishing, 2012); 6. Otonomi Sepenuh Hati (Edisi Revisi) (Idea, 2015) 7. Mengawal Reformasi, Mengokohkan Demokrasi (Idea, 2015); 8. Menjadikan Demokrasi Bermakna (Idea, 2015) 9. Ulama dan Pesantren Mewariskan Indonesia Merdeka (Idea, 2017) 10. Dahsyatnya Kekuatan Doa (2017) Karya Penelitian Ilmiah: 1. Tesis Arti Penting Asbab Al-nuzul Terhadap Penafsiran Ayat-ayat Hukum (IIQ, 2007) 2. Disertasi Perubahan dan Pengembangan Organisasi DPR Pasca Perubahan UUD 1945 (UNJ, 2016)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.