Ketua Fraksi PKS: Hari Pancasila Momentum Merekatkan Persatuan Bangsa

0
4

Jazulijuwaini.com— Beragam kegiatan dilakukan dalam memaknai peringatan Hari Pancasila tanggal 1 Juni.

Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini memilih kegiatan sosialisasi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika yang dirangkai dengan pembagian paket sembako kepada warga Ciputat di kediamannya.

Hari ini adalah hari penuh berkah di bulan penuh berkah kita dapat berkumpul dan bersilaturahim sekaligus memaknai hari Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni,” kata Jazuli mengawali sambutan di hadapan warga yang berkumpul di halaman Yayasan Al Ummah, Ciputat, Jumat (1/6/2018).

Menurut Jazuli, kegiatan pembagian 1000 paket sembako ini rutin diselenggarakanya setiap bulan ramadan, sebagai bentuk rasa syukur, cinta dan kepadulian kepada warga di bulan penuh berkah.

 

Kali ini terasa istimewa karena dirangkai dengan hari Pancasila. Sehingga Anggota Komisi I ini sekaligus dapat mengajak warga untuk semakin menjiwai Pancasila.

“Pancasila ini dasar negara kita yang menjadi identitas dan karakter bangsa Indonesia yang harus terus kita jiwai dan praktekkan dalam kehidupan bermasyarakat. Maka, Pancasila harus kita posisikan sebagai alat perekat persatuan, platform bersama serta ideologi dalam berbangsa dan bernegara,” kata Jazuli.

Jazuli menekankan pentingnya kembali menghayati dan menjiwai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat. Mengingat tantangan dan ancaman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara semakin kompleks dan eksesif.

“Banyak tantangan dan ancaman yang kita hadapi sebagai bangsa mulai dari dekadensi moral, budaya liberal tanpa batas, terorisme dan radikalisme, hoaks dan ujaran kebencian, gesekan sesama anak bangsa yang mengancam persatuan, dan lain sebagainya,” kata Jazuli.

“Semua itu solusinya ada pada Pancasila jika kita mau kembali menghayati dan mengamalkannya secara konsekuensi,” tambahnya.

Jazuli mengatakan Hari Pancasila sebagai momentum merekat persatuan, karena dengan bersatu masyarakat dapat mengatasi atau menghadapi tantangan dan ancaman bangsa tersebut.

“Satu cara yang efektif agar kita bersatu adalah dengan menumbuhkan rasa empati dan kepedulian terhadap sesama warga. Apalagi di bulan penuh berkah ini kepedulian kita bukan saja mengokohkan persatuan, tapi sekaligus bernilai ibadah yang pahalanya berlipat ganda,” pungkas Jazuli. http://jakarta.tribunnews.com/2018/06/01/ketua-fraksi-pks-hari-pancasila-momentum-merekatkan-persatuan-bangsa

 

SHARE
Previous articlePKS: Baik Kemenag Maupun MUI Sebaiknya Tidak Rilis Nama Mubalig
Next articleCegah Ancaman Radikalisme, PKS: Pancasila Sebagai Tameng Utama
Dr. H. Jazuli Juwaini, MA Tempat/Tgl Lahir: Bekasi, 2 Maret 1965 Alamat: Jl. Musyawarah No. 10 RT 04/04 Kampung Sawah, Ciputat, Tangsel Riwayat Pendidikan: S1 - Univeristas Muhammad Ibnu Saud Fakultas Syariah S2 - Institut Ilmu Alqur'an Jakarta, Jurusan Tafsir Hadits S3 - Universitas Negeri Jakarta Program MSDM Riwayat Pekerjaan dan Organisasi: -Dosen di Universitas Sahid Jakarta -Anggota DPR/MPR (2004-2009) -Anggota DPR/MPR (2009-2014) -Anggota DPR/MPR (2014-2019) -Ketua Fraksi PKS (2014-2019) -Ketua Dewan Pemakmuran Masjid Indonesia (1999-2004) -Ketua PB Mathla'ul Anwar Bidang Organisasi dan SDM (2008-2013) -Anggota Majelis Wali Amanah PB Mathla'ul Anwar (2013-2018) -Ketua Bid Ekonomi DPP PKS (2009-2014) Publikasi Buku: 1. Menunaikan Amanah Umat (Pustaka Gading Mas, 2006) 2. Otonomi Sepenuh Hati: Evaluasi Implemenasi Otda di Indonesia (I’tishom, 2007); 3. Memimpin Perubahan di Parlemen(I’tishom, 2009); 4. Revitalisasi Pendidikan Islam (Bening Citra Publishing, 2011); 5. Problematika Sosial dan Solusinya(Kholam Publishing, 2012); 6. Otonomi Sepenuh Hati (Edisi Revisi) (Idea, 2015) 7. Mengawal Reformasi, Mengokohkan Demokrasi (Idea, 2015); 8. Menjadikan Demokrasi Bermakna (Idea, 2015) 9. Ulama dan Pesantren Mewariskan Indonesia Merdeka (Idea, 2017) 10. Dahsyatnya Kekuatan Doa (2017) Karya Penelitian Ilmiah: 1. Tesis Arti Penting Asbab Al-nuzul Terhadap Penafsiran Ayat-ayat Hukum (IIQ, 2007) 2. Disertasi Perubahan dan Pengembangan Organisasi DPR Pasca Perubahan UUD 1945 (UNJ, 2016)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.