Fraksi PKS DPR Berduka dan Galang Solidaritas Untuk Korban Gempa NTB

0
41

Jazulijuwaini.com–Gempa berkekuatan 7 skala richter (SR) terjadi di Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan wilayah dan korban terparah di Lombok Tengah dan Lombok Timur pada petang, Minggu (5/8).

Gempa kali ini merupakan yang terbesar sejak pekan lalu dan menimbulkan korban jiwa sedikitnya data terakhir 91 orang meninggal dunia, 209 orang terluka, dan ribuan warga mengungsi dan ratusan bangunan baik rumah maupun fasilitas publik mengalami kerusakan. Gempa ini juga dirasakan kuat dan menimbulkan korban jiwa dan luka serta kerusakan di wilayah Bali.

Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini, menyatakan duka cita untuk masyarakat NTB utamanya yang terdampak gempa.

“Keluarga besar Fraksi PKS mengucapkan duka mendalam bagi korban gempa di Lombok NTB, semoga diberi kesabaran dan kemudahan dalam penanganan bencana sehingga korban jiwa bisa segera dievakuasi sementara korban luka-luka segera ditangani medis dan recovery,” ungkapnya.

Jazuli Juwaini mengajak seluruh warga negara sama-sama berdo’a untuk korban NTB dan Bali. “Kita doakan yang terbaik untuk korban dan tidak ada lagi gempa susulan,” katanya.

Fraksi PKS, lanjut Jazuli, meminta pemerintah untuk segera melakukan tanggap darurat dengan prioritas menyelamatkan korban jiwa. Seluruh kekuatan musti dikerahkan untuk menyisir dan mengevakuasi korban di berbagai tempat. Selanjutnya, prioritas tempat penampungan lengkap dengan kebutuhan tanggap darurat harus segara disiapkan dan didatangkan terutama tenaga medis, ambulance, obat-obatan, makanan, air dan kebutuhan dasar lainnya.

“Tempat penampungan lengkap dengan dokter, paramedis, obat-obatan, makanan dan minum, selimut dan lain-lain serta pakaian tentu harus menjadi prioritas penanganan. Selain alat-alat berat yang harus segera didatangkan untuk membuka akses penyelamatan dan bantuan terutama di wilayah lereng dan terpencil,” saran Jazuli.

Baca juga :   Organisasi KSATRIA Menolak Segala Bentuk Kerusuhan Sosial

Anggota Komisi I ini meminta kerjasama (koordinasi) sinergis antara pemerintah pusat dan daerah, juga Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Penanggulan bencana harus cepat dan tanggap. Untuk itu harus ada kerjasama yang sinergis antara pemerintah pusat dan daerah, juga antara BNPB dan BPBD. Jangan saling lempar tanggung jawab agar prioritas penyelematan korban bisa dilakukan dengan cepat dan efektif,” pintanya.

Selain itu, Fraksi PKS juga mendorong solidaritas kemanusian dari seluruh warga bangsa untuk membantu korban gempa NTB. Serta menegaskan partisipasi PKS dalam penanggulangan bencana ini. Tentu harus berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana dan Pemda setempat agar bantuan efektif dan tepat kebutuhan dan sasaran.

“Mari kita galang solidaritas, minimal kita doakan saudara-saudara kita di NTB, kita himpun donasi, serta kita kirimkan bantuan materi maupun tenaga sesuai kemampuan. Kader-kader dan struktur PKS juga telah diinstruksikan untuk membuka posko bantuan di lokasi. Bahkan posko sudah berdiri hari pertama terjadinya gempa di NTB pada pekan yang lalu,” pungkas Jazuli. https://www.lintasparlemen.com/fraksi-pks-dpr-berduka-dan-galang-solidaritas-untuk-korban-gempa-ntb/

SHARE
Previous articleGempa Lombok, Jazuli Perintahkan Legislator PKS di DPR Sumbangkan Gajinya
Next articleFraksi PKS Serahkan Bantuan Untuk Korban Gempa NTB
Dr. H. Jazuli Juwaini, MA Tempat/Tgl Lahir: Bekasi, 2 Maret 1965 Alamat: Jl. Musyawarah No. 10 RT 04/04 Kampung Sawah, Ciputat, Tangsel Riwayat Pendidikan: S1 - Univeristas Muhammad Ibnu Saud Fakultas Syariah S2 - Institut Ilmu Alqur'an Jakarta, Jurusan Tafsir Hadits S3 - Universitas Negeri Jakarta Program MSDM Riwayat Pekerjaan dan Organisasi: -Dosen di Universitas Sahid Jakarta -Anggota DPR/MPR (2004-2009) -Anggota DPR/MPR (2009-2014) -Anggota DPR/MPR (2014-2019) -Ketua Fraksi PKS (2014-2019) -Ketua Dewan Pemakmuran Masjid Indonesia (1999-2004) -Ketua PB Mathla'ul Anwar Bidang Organisasi dan SDM (2008-2013) -Anggota Majelis Wali Amanah PB Mathla'ul Anwar (2013-2018) -Ketua Bid Ekonomi DPP PKS (2009-2014) Publikasi Buku: 1. Menunaikan Amanah Umat (Pustaka Gading Mas, 2006) 2. Otonomi Sepenuh Hati: Evaluasi Implemenasi Otda di Indonesia (I’tishom, 2007); 3. Memimpin Perubahan di Parlemen(I’tishom, 2009); 4. Revitalisasi Pendidikan Islam (Bening Citra Publishing, 2011); 5. Problematika Sosial dan Solusinya(Kholam Publishing, 2012); 6. Otonomi Sepenuh Hati (Edisi Revisi) (Idea, 2015) 7. Mengawal Reformasi, Mengokohkan Demokrasi (Idea, 2015); 8. Menjadikan Demokrasi Bermakna (Idea, 2015) 9. Ulama dan Pesantren Mewariskan Indonesia Merdeka (Idea, 2017) 10. Dahsyatnya Kekuatan Doa (2017) Karya Penelitian Ilmiah: 1. Tesis Arti Penting Asbab Al-nuzul Terhadap Penafsiran Ayat-ayat Hukum (IIQ, 2007) 2. Disertasi Perubahan dan Pengembangan Organisasi DPR Pasca Perubahan UUD 1945 (UNJ, 2016)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.