Hari Pahlawan, PKS Ingatkan Semua Elemen Jaga Persatuan RI

0
8

Jazulijuwaini.com–Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini mengatakan Hari Pahlawan mempunyai makna tersendiri. Bagi PKS, kata Jazuli, Hari Pahlawan harus menumbuhkan semangat komponen bangsa untuk selalu menjaga persatuan dan kepedulian kepada rakyat.

“Pertama, kepahlawanan adalah tentang persatuan. Indonesia merdeka karena persatuan. Tidak ada cara lain. Sebaliknya penjajah pasti kerjaannya memecah belah dan melemahkan persatuan. Eksperimentasi itulah yang dipraktikkan para penjajah hingga mampu bertahan puluhan bahkan ratusan tahun di Indonesia,” ungkap Jazuli kepada Beritasatu.com, Minggu (10/11/2019).

Untuk itu, kata Jazuli, setiap komponen bangsa (siapapun mereka) jika cinta dengan kemerdekaan, cinta kepada pahlawan, maka harus menjaga betul persatuan. Dia mengingatkan, setiap elemen bangsa tidak mengeluarkan pernyataan, sikap, dan perbuatan yang membuat ikatan persatuan bangsa terkoyak.

“Jangan asal bicara yang membuat rakyat tidak nyaman, saling curiga, merasa didiskriminsi dan diperlakukan tidak adil. Ini benih-benih yang merusak persatuan bahkan bisa menjadi sumber konflik vertikal maupun horisontal,” ungkap Jazuli.

Makna kedua, kata dia, kepahlawanan adalah tentang kepedulian kepada rakyat. Apalagi, tuturnya, tujuan utama negara Indonesia merdeka adalah mensejahterakan rakyat sebagaimana amanat pembukaan UUD 1945.

“Maka, menjadi pahlawan di era sekarang adalah dengan menunjukkan kepedulian dan keberpihakan kepada kepentingan rakyat,” tandas dia.

Menurut Jazuli, yang disebut pahlawan saat ini adalah masyarakat yang peduli, gemar membantu, menjadi relawan kemanusiaan, dan menumbuhkan semangat gotong royong. Selain itu, kata dia, pemerintah dan DPR yang menghadirkan kebijakan pro rakyat, meringankan beban ekonomi rakyat, menjamin akses kesehatan, pendidikan, dan pekerjaan juga layak disematkan mewarisi spirit kepahlawanan.

“Kita semua mesti instrospeksi apakah selama ini kita benar-benar menghormati para pahlawan dan mewarisi spirit kepahlawanan mereka. Tugas kita sekarang untuk menjaga persatuan dan semaksimal mungkin merawat kepedulian kepada rakyat. Inilah cara kita menghormati para pahlawan,” jelas Jazuli.

“Terakhir, atas nama pimpinan dan anggota Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini mengucapkan “Selamat hari pahlawan!”. Salam hormat untuk seluruh keluarga para pahlawan, seraya berdoa semoga Allah menerima amal pengorbanan dan pengabdian para pahlawan bangsa,” pungkas Jazuli menambahkan. https://www.beritasatu.com/politik/584529/hari-pahlawan-pks-ingatkan-semua-elemen-jaga-persatuan-ri?fbclid=IwAR3usDN5eZCd7wf7sUK1iS0AFaHMthK24-xMFqKNtWBy2ef5iupsDLFtQbo

SHARE
Previous articleGelar Orientasi Staf, Fraksi PKS Ingin Stafnya Kerja Cepat dan Cerdas
Next articlePeduli Korban Gempa Maluku, Fraksi PKS DPR Sumbang Gaji Pertama
Dr. H. Jazuli Juwaini, MA Tempat/Tgl Lahir: Bekasi, 2 Maret 1965 Alamat: Jl. Musyawarah No. 10 RT 04/04 Kampung Sawah, Ciputat, Tangsel Riwayat Pendidikan: S1 - Univeristas Muhammad Ibnu Saud Fakultas Syariah S2 - Institut Ilmu Alqur'an Jakarta, Jurusan Tafsir Hadits S3 - Universitas Negeri Jakarta Program MSDM Riwayat Pekerjaan dan Organisasi: -Dosen di Universitas Sahid Jakarta -Anggota DPR/MPR (2004-2009) -Anggota DPR/MPR (2009-2014) -Anggota DPR/MPR (2014-2019) -Ketua Fraksi PKS (2014-2019) -Ketua Dewan Pemakmuran Masjid Indonesia (1999-2004) -Ketua PB Mathla'ul Anwar Bidang Organisasi dan SDM (2008-2013) -Anggota Majelis Wali Amanah PB Mathla'ul Anwar (2013-2018) -Ketua Bid Ekonomi DPP PKS (2009-2014) Publikasi Buku: 1. Menunaikan Amanah Umat (Pustaka Gading Mas, 2006) 2. Otonomi Sepenuh Hati: Evaluasi Implemenasi Otda di Indonesia (I’tishom, 2007); 3. Memimpin Perubahan di Parlemen(I’tishom, 2009); 4. Revitalisasi Pendidikan Islam (Bening Citra Publishing, 2011); 5. Problematika Sosial dan Solusinya(Kholam Publishing, 2012); 6. Otonomi Sepenuh Hati (Edisi Revisi) (Idea, 2015) 7. Mengawal Reformasi, Mengokohkan Demokrasi (Idea, 2015); 8. Menjadikan Demokrasi Bermakna (Idea, 2015) 9. Ulama dan Pesantren Mewariskan Indonesia Merdeka (Idea, 2017) 10. Dahsyatnya Kekuatan Doa (2017) Karya Penelitian Ilmiah: 1. Tesis Arti Penting Asbab Al-nuzul Terhadap Penafsiran Ayat-ayat Hukum (IIQ, 2007) 2. Disertasi Perubahan dan Pengembangan Organisasi DPR Pasca Perubahan UUD 1945 (UNJ, 2016)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.