DPR Setuju Penertiban Sukarelawan Bencana

0
44

JAKARTA – Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Jazuli Juwaini, sepakat agar sukarelawan bencana di Tanah Air ditertibkan. Langkah ini untuk lebih meminimalkan kesemrawutan dalam penganganan bencana.
“Dalam sebuah bencana kan semua orang panik, sukarelawan yang datang pun harus segera ditertibkan,” kata Jazuli, di acara Polemik Sindo Radio dengan tema ‘Bencana Alam Mengancam’, di Warung Daun, Jalan Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (26/1/2013).
Dia juga menyayangkan ego sektoral setiap sukarelawan, sehingga kerja mereka tidak maksimal. “Kami sangat menyayangkan ego tersebut, padahal dalam penanganan bencana diperlukan kerja sama supaya para korban tidak telantar,” ujarnya.
Jazuli mendukung adanya sebuah forum untuk sukarelawan yang nantinya dapat membagi tugas mereka. “Koordinasi yang dilakukan forum, dapat menempatkan sukarelawan sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki,” imbuhnya.
Sebelumnya, Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dedi Tujana, menilai, tak terkoodinirnya para sukarelawan disebabkan ego sektoral dari masing-masing lembaga yang menurunkan sukarelawan.(ded)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.