Tangani Bencana, Jangan Saling Lempar Tanggung Jawab

0
63

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Jazuli Juwaini memberikan
makanan kepada korban banjir di Kresek Kab Tangerang. 
Jakarta – Bencana alam seperti banjir yang terjadi di Jakarta dan beberapa daerah di Indonesia cukup mengundang perhatian berbagai kalangan, tidak terkecuali dari anggota DPR.
Wakil Ketua Komisi VIII, Jazuli Juwaini menyatakan ikut prihatin dengan bencana banjir yang melanda Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.
“Saya selaku wakil rakyat merasa ikut prihatin atas terjadi bencana banjir di wilayah Jakarta dan beberapa daerah lainnya. Dan saya juga mengapresiasi atas kinerja dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang sudah bekerja keras dalam menangani masalah banjir, ” ujar Jazuli saat menjadi nara sumber dalam diskusi “Bencana Alam Mengancam” di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (26/01).
Meski begitu, Jazuli menilai ada beberapa tahap yang harus dilakukan dalam penanganan banjir ini yaitu sebelum bencana, saat bencana,dan pasca bencana.
Sebelum bencana, kata Jazuli, BNPB harus melakukan koordinasi dengan kementeria terkait dan instansi lainnya sehingga pada saat bencana datang, semua stake holder dapat bekerja sama dalam menangani bencana banjir.
“Jadi jangan saling lempar tanggung jawab antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, tetapu justru harus bekerjasama bagaimana menyelesaikan masalah ini,” cetus politisi asal PKS ini.
Sementara itu Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial, Andi ZA menjelaskan bahwa dalam menangani masalah banjir kemarin mereka bekerja sebagai tim dan bekerja bukan hanya pada saat terjadi bencana saja.
Ia pun menyatakan bahwa pihak kerap berkoordinasi dengan pihak terkait dalam menangani masalah bencana alam.
“Apabila terjadi bencana, seperti saat ini, masyarakat tidak perlu ketakutan, karena ada pemda, seperti camat, lurah. Mereka yang harus mensosialisasikan bahwa ada bencana di daerahnya, dan mereka juga harus langsung bergerak cepat untuk membantu masyarakat yang terkena musibah,” imbuh Andi yang juga menjadi narasumber dalam diskusi tersebut.
Lebih lanjut Andi menuturkan, pada saat penanganan bencana banjir kemarin, pihaknya telah membagi tugas dengan BNPB dan stake holder lainnya seperti LSM dan NGO untuk membantu dalam menangani bencana, seperti pengungsian, dan evakuasi warga yang terkena banjir.
“Karena banyak warga yang tidak mau dievakuasi, jadi kami harus memberikan makanan ke warga yang tidak mau mengungsi, jadi antara kementerian sosial dengan BNPB tetap berkoordinasi, agar penanganan banjir ini dapat segera selesai,” tegasnya. (ian)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.