PKS: Pidato Presiden Bagus, tapi Rakyat Tak Butuh Wacana

0
56

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini menilai Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam Sidang Bersama DPR dan DPD Bagus.

Menurutnya pidato tersebut berani jujur mengangkat permasalahan yang dihadapi bangsa setelah 70 tahun medeka. Namun, ujar dia, rakyat tak perlu lagi janji-janji dan wacana dari Presiden Jokowi tetapi rakyat butuh kebijakan pemerintah yang eksesif dan menyelesaikan masalah sehari-hari.

“Di tengah harga-harga yang naik, daya beli rakyat yang menurun drastis, nilai tukar rupiah yang jatuh, yang ditunggu adalah langkah taktis dan efektif pemerintah untuk menanganinya,” jelasnya.

Anggota Komisi III DPR itu melanjutkan, Nawacita, Trisakti, Revolusi Mental itu hebat dan menarik untuk digelorakan dan diwacanakan. Namun tugas Presiden dan pemerintahan menuangkan dalam policy plan and policy action yang jelas, terarah, dan terukur.

“Presiden dan kabinetnya harus lebih bergegas membuat policy yang komprehensif untuk jangka pendek dan jangka panjang. Dalam jangka pendek misalnya, sangat minim kebijakan Pemerintah untuk menjaga dan mendorong daya beli rakyat,” katanya.

Di tengah kondisi ekonomi yang mengkhawatirkan seperti sekarang, pemerintah dan stakeholder terkait harus aktif memberikan informasi dan penjelasan komprehensif tentang langkah-langkah yang mereka lakukan. Misalnya paket kebijakan pemerintah, opsi pemerintah, dan seterusnya.

Jazuli menambahkan, saat ini terkesan pemerintah belum punya kebijakan komprehensif, pemerintah dan otoritas moneter terkesan jalan sendiri-sendiri. Terlebih lagi reshuffle kabinet baru saja dilakukan.

“Pemerintah harus cepat action, jangan lagi berwacana, ambil penuh tanggung jawab, jangan lagi rakyat yang menanggung susah,” ujarnya.

http://www.republika.co.id/berita/nasional/politik/15/08/14/nt2mhl354-pks-pidato-presiden-bagus-tapi-rakyat-tak-butuh-wacana

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.