Pemerintah harus evaluasi penyelenggaraan haji 2015

0
34

Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Jazuli Juwaini mendesak Pemerintah untuk mengevaluasi penyelenggaraan haji 2015. Demikian disampaikan Jazuli ketika menyambangi korban Tragedi Mina asal Indonesia di Rumah Sakit Mina Emergency, Saudi Arabia, Jum’at (25/9).

“Pemerintah Indonesia harus serius evaluasi penyelenggaraan haji 2015. Kami menemukan banyak jamaah Indonesia yang sakit termasuk Bu Ati dari Banjar Jawa Barat yang tidak terlayani dengan baik,” kata Jazuli.
 Politisi PKS ini sangat prihatin karena tidak ada petugas  satupun baik dari maktab maupun Kemenag di Rumah Sakit Mina Emergency. Jazuli juga kecewa setelah menghubungi maktab dan daerah kerja (daker) tidak mendapat respon yang memuaskan.
“Pemerintah Indonesia (Kemenag/Kemenkes-red) harus menempatkan petugas Indonesia di rumah sakit-rumah sakit  di sekitar Mina dan Mudzalifah terutama pada tanggal  9,10,11,12, dan 13 Zulhijjah untuk antisipasi jamaah yang sakit dan memudahkan kordinasi,” kata jazuli.
 Ia menyarankan agar  Kemenag membuat posko-posko penerangan dari tenda-tenda jamaah Indonesia menuju tempat lempar jumrah. Banyak sekali jamaah yang tersesat, bisa berangkat tapi tidak mengetahui jalur pulang.
Anggota DPR asal dapil Banten III ini juga mengajak jamaah untuk mematuhi aturan agar kejadian serupa tidak terjadi di masa yang akan datang. “Waktu melempar jumrah masing-masing negara sudah diatur. Jamaah sebaiknya mentaati aturan tersebut,” tuturnya.

Sumber : http://www.gatra.com/kabar-haji/166621-tragedi-mina-pks-pemerintah-harus-evaluasi-pelayanan-haji

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.