Jazuli Juwaini: Gaji Guru di Negara Maju Sangat Tinggi

0
91

Jazulijuwaini.com—Pendidikan dan guru merupakan dua sisi yang saling melengkapi. Jika keduanya memiliki kualitas yang tinggi, maka bangsa ini akan melenggang maju dan mampu berkompetisi dengan bangsa-bangsa lain.

Hal itu diungkapkan Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini saat menerima audiensi dengan puluhan mahasiswa program Magister Pendidikan Dasar, Universitas Terbuka (UT), Selasa (21/3/2017) di Ruang Rapat Pleno FPKS.

uje-hari-aspirasi-21-3-17-2

Menurut Jazuli, karena guru memiliki posisi strategis dalam dunia pendidikan, maka di negara-negara maju penghormatan kepada guru, terutama guru tingkat kanak-kanak dan sekolah dasar, sangat tinggi. Salah satunya, ditandai dengan tingginya pula gaji para guru dibandingkan profesi lainnya.

“Fraksi PKS juga konsen dengan persoalan guru, termasuk masalah kesejahteraannya. Alhamdulillah, anggota kami di Komisi X turut mengawal Undang-undang tentang Guru dan Dosen, sehingga sekarang ini gaji guru lebih baik dari era sebelumnya,” ungkapnya.

Menurut Jazuli, Fraksi PKS sejak awal konsen dengan dunia pendidikan, sebab dunia pendidikan menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang menentukan arah kehidupan bangsa dan negara di masa depan. “Hanya dengan kualitas pendidikan yang baguslah bangsa ini bisa bersaing dengan bangsa-bangsa lain,” tandasnya.

Anggota DPR dari daerah pemilihan (Dapil) Banten III ini memberikan gambaran di beberapa negara yang mengesankan kualitas SDM Indonesia dengan menghubungkan tenaga kerja yang mengadu nasib di negara tersebut. “Padahal tak sedikit tenaga kerja dari Indonesia yang berangkat dari kemampuan skill-nya bagus tapi jarang ditampilkan, sehingga kesannya jadi tak mengangkat marwah bangsa ini,” terangnya.

Jazuli memberikan contoh jika dulu bangsa lain menimba ilmu di negeri ini, namun belakangan malah mahasiswa Indonesia berbondong-bondong menimba ilmu ke luar negeri. Dia mencontohkan mantan perdana menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, yang menimba ilmu di Indonesia. Namun, kini tak sedikit pelajar Indonesia yang menuntut ilmu ke negeri jiran tersebut. “Oleh karena itu, kualitas pendidikan ini akan menentukan competitiveness bangsa di tengah-tengah persaingan global,” tegasnya.

Terkait dengan upaya peningkatan kualitas dunia pendidikan dan tenaga pendidik tersebut, Jazuli berjanji untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat, termasuk mahasiswa ini yang sebagian berprofesi sebagai guru. *

 

SHARE
Previous articlePKS Nilai Sosok Almarhum KH Hasyim Muzadi Patut Diteladani
Next articleFPKS DPR All-Out menangkan Anies-Sandi
Dr. H. Jazuli Juwaini, MA Tempat/Tgl Lahir: Bekasi, 2 Maret 1965 Alamat: Jl. Musyawarah No. 10 RT 04/04 Kampung Sawah, Ciputat, Tangsel Riwayat Pendidikan: S1 - Univeristas Muhammad Ibnu Saud Fakultas Syariah S2 - Institut Ilmu Alqur'an Jakarta, Jurusan Tafsir Hadits S3 - Universitas Negeri Jakarta Program MSDM Riwayat Pekerjaan dan Organisasi: -Dosen di Universitas Sahid Jakarta -Anggota DPR/MPR (2004-2009) -Anggota DPR/MPR (2009-2014) -Anggota DPR/MPR (2014-2019) -Ketua Fraksi PKS (2014-2019) -Ketua Dewan Pemakmuran Masjid Indonesia (1999-2004) -Ketua PB Mathla'ul Anwar Bidang Organisasi dan SDM (2008-2013) -Anggota Majelis Wali Amanah PB Mathla'ul Anwar (2013-2018) -Ketua Bid Ekonomi DPP PKS (2009-2014) Publikasi Buku: 1. Menunaikan Amanah Umat (Pustaka Gading Mas, 2006) 2. Otonomi Sepenuh Hati: Evaluasi Implemenasi Otda di Indonesia (I’tishom, 2007); 3. Memimpin Perubahan di Parlemen(I’tishom, 2009); 4. Revitalisasi Pendidikan Islam (Bening Citra Publishing, 2011); 5. Problematika Sosial dan Solusinya(Kholam Publishing, 2012); 6. Otonomi Sepenuh Hati (Edisi Revisi) (Idea, 2015) 7. Mengawal Reformasi, Mengokohkan Demokrasi (Idea, 2015); 8. Menjadikan Demokrasi Bermakna (Idea, 2015) 9. Ulama dan Pesantren Mewariskan Indonesia Merdeka (Idea, 2017) 10. Dahsyatnya Kekuatan Doa (2017) Karya Penelitian Ilmiah: 1. Tesis Arti Penting Asbab Al-nuzul Terhadap Penafsiran Ayat-ayat Hukum (IIQ, 2007) 2. Disertasi Perubahan dan Pengembangan Organisasi DPR Pasca Perubahan UUD 1945 (UNJ, 2016)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.