Fraksi PKS Gelar Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Bung Karno

0
101
Jazulijuwaini.com–Masih dalam rangkaian semarak HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, Fraksi PKS DPR menyelenggarakan perlombaan membaca teks proklamasi mirip suara Sukarno di DPP PKS, TB Simatupang, Jakarta Selatan, Jumat (18/8).

Acara ini diawali pidato pembuka Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini, lalu sambutan Presiden PKS HM Sohibul Iman, dan dibuka secara resmi oleh Ketua Majelis Syuro PKS Habib Salim Segaf Aljufri.

Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini dalam pidatonya mengatakan bahwa lomba ini diselenggarakan untuk mengajak seluruh rakyat Indonesia menyelami kembali makna Proklamasi dan Sang Proklamator yang membacakannya.

“Fraksi PKS kali ini mengadakan acara yang unik dan mungkin belum pernah diadakan oleh siapa pun. Kita berharap dengan lomba ini kita dapat menyelami kembali makna Proklamasi sekaligus mengenang Sang Proklamator Soekarno-Hatta,” kata Jazuli.

Menurut Jazuli, Proklamasi 17 Agustus 1945 merupakan momen besar bukan saja bagi bangsa dan negara Indonesia, tetapi juga bagi bangsa-bangsa lainnya khususnya di Asia dan Afrika.

“Ini momen persatuan bangsa Indonesia dan bangsa-bangsa di dunia karena begitu Indonesia merdeka banyak bangsa-bangsa dunia yang ikut memproklamirkan kemerdekaan bangsanya,” tegasnya.

“Momen persatuan dan kesatuan ini sangat mahal harganya. Karena di sana ada darah para pejuang, ada cucuran keringat dan air mata para pendiri bangsa, dan ada pengorbanan yang begitu besar dari seluruh rakyat Indonesia,” sambung Jazuli.

Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat Indonesia untuk terus menjaga warisan kemerdekaan dengan sungguh-sungguh. Pasalnya, Indonesia milik bersama bukan milik suatu golongan tertentu.

Proklamasi, menurut Jazuli, tidak terlepas dari sosok Sukarno Sang Proklamator. Padanya terhimpun jejak panjang perjuangan kemerdekaan Indonesia, bagian dari founding fathers serta tokoh nasionalis yang menjadi panutan bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Dengan lomba ini Fraksi PKS ingin memberikan kontribusi yang positif dan konstruktif untuk mengokohkan kehidupan berbangsa dan bernegara mengajak kepada seluruh elemen bangsa untuk mengimplementasikan makna proklamasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, serta mengajak seluruh rakyat untuk menjaga dan mengisi kemerdekaan dengan kontribusi nyata bagi bangsa,” pungkas Jazuli.

Pada final lomba kali ini, 10 orang finalis akan mendemonstrasikan pidato Proklamasi mirip Bung Karno. Lalu Dewan Juri yang terdiri dari HM Hidayat Nur Wahid sebagai ketua, Komjen (Purn) Adang Dorodjatun dan M Irfan Hidayatullah akan memberikan penilaian dan memilih pemenang. (https://merahputih.com/post/read/fraksi-pks-gelar-lomba-baca-teks-proklamasi-mirip-bung-karno)

SHARE
Previous articleDirgahayu Republik Indonesia ke-72, Dirgahayu Negeriku!
Next articleIndonesia Punya Siapa? Oleh: Dr. H. Jazuli Juwaini, MA (Ketua Fraksi PKS DPR RI)
Dr. H. Jazuli Juwaini, MA Tempat/Tgl Lahir: Bekasi, 2 Maret 1965 Alamat: Jl. Musyawarah No. 10 RT 04/04 Kampung Sawah, Ciputat, Tangsel Riwayat Pendidikan: S1 - Univeristas Muhammad Ibnu Saud Fakultas Syariah S2 - Institut Ilmu Alqur'an Jakarta, Jurusan Tafsir Hadits S3 - Universitas Negeri Jakarta Program MSDM Riwayat Pekerjaan dan Organisasi: -Dosen di Universitas Sahid Jakarta -Anggota DPR/MPR (2004-2009) -Anggota DPR/MPR (2009-2014) -Anggota DPR/MPR (2014-2019) -Ketua Fraksi PKS (2014-2019) -Ketua Dewan Pemakmuran Masjid Indonesia (1999-2004) -Ketua PB Mathla'ul Anwar Bidang Organisasi dan SDM (2008-2013) -Anggota Majelis Wali Amanah PB Mathla'ul Anwar (2013-2018) -Ketua Bid Ekonomi DPP PKS (2009-2014) Publikasi Buku: 1. Menunaikan Amanah Umat (Pustaka Gading Mas, 2006) 2. Otonomi Sepenuh Hati: Evaluasi Implemenasi Otda di Indonesia (I’tishom, 2007); 3. Memimpin Perubahan di Parlemen(I’tishom, 2009); 4. Revitalisasi Pendidikan Islam (Bening Citra Publishing, 2011); 5. Problematika Sosial dan Solusinya(Kholam Publishing, 2012); 6. Otonomi Sepenuh Hati (Edisi Revisi) (Idea, 2015) 7. Mengawal Reformasi, Mengokohkan Demokrasi (Idea, 2015); 8. Menjadikan Demokrasi Bermakna (Idea, 2015) 9. Ulama dan Pesantren Mewariskan Indonesia Merdeka (Idea, 2017) 10. Dahsyatnya Kekuatan Doa (2017) Karya Penelitian Ilmiah: 1. Tesis Arti Penting Asbab Al-nuzul Terhadap Penafsiran Ayat-ayat Hukum (IIQ, 2007) 2. Disertasi Perubahan dan Pengembangan Organisasi DPR Pasca Perubahan UUD 1945 (UNJ, 2016)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.