Gelar Ambassador Talk, Fraksi PKS Perkuat Fungsi Diplomasi Parlemen

0
43

Jazulijuwaini.com–Fraksi Partai Keadilan Sejahtera DPR RI (Fraksi PKS) menyelenggarakan Ambassador Talks. Acara yang berisi bincang-bincang dengan Para Duta Besar Negara Sahabat. Acara ini mengambil tema, Kemanusiaan, Terorisme dan Implikasinya Terhadap Politik Global.

Acara yang untuk pertama kalinya digelar oleh Frkasi yang ada di DPR ini diselenggarakan di Kantor Fraksi PKS, Gedung Nusantara I, Lantai 3 DPR RI (25/10).

Hadirkan sebagai narasumber Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi, Anggota Komisi I DPR Sukamta, Duta Besar Rusia H.E. Mikhail Yurievich Galuzin, dan Perwakilan Duta Besar Uni Eropa Mr. Rafael de Bustamante Tello.

Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini, dalam sambutannya mengatakan,  Fraksi PKS berkomitmen untuk selalu menjadi yang terdepan dalam pelaksanaan fungsi-fungsi dewan termasuk soal diplomasi parlemen.

“Apa yang kita lakukan hari ini adalah dalam rangka melaksanakan fungsi diplomasi parlemen sehingga kami di DPR turut berkontribusi dan mendukung Pemerintah dalam melaksanakan tujuan nasional kita yaitu mewujudkan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial,” terangnya.

Disamping itu, lanjut Anggota Komisi I ini, Fraksi PKS ingin mendapatkan berbagai perspektif dari negara-negara di dunia tentang masa depan dunia yang lebih baik, lebih damai, adil dan sejahtera bagi umat manusia di bumi ini.

“Melalui forum ini juga, Fraksi PKS ingin  menunjukkan bahwa Fraksi atau Partai kami terbuka untuk bekerjasama dengan negara-negara di dunia dalam rangka mewujudkan masa depan dunia yang lebih baik,” katanya.

Menurut Jazuli, acara ini bukanlah kegiatan yang pertama atau satu-satunya dalam konteks diplomasi, karena sebelumnya (belum lama ini) Fraksi PKS juga telah melaksanakan Seminar Internasional tentang geopolitik di kawasan Asia Pasifik.

“Karena itu, Fraksi PKS juga mengagendakan kunjungan kerja resmi Fraksi ke negara-negara sahabat untuk bertemu mitra di parlemen, baik fraksi partai pemerintah maupun fraksi partai oposisi,” papar Jazuli.

Menurut Jazuli, setidaknya telah 6 negara yang kami kunjungi yaitu Inggris, Amerika Serikat, Rusia, Australia, Kanada, dan Jerman.

“Diskusi ini juga bertujuan sebagai forum untuk sharing dan komunikasi agar gerakan kemanusiaan yang dilakukan oleh sejumlah negara lebih efektif ke depannya,” paparnya.

Lebih lanjut, Jazuli berharap dari diskusi kali ini dapat dirumuskan perspektif yang konstruktif bagaimana mendudukan gerakan kemanusiaan di daerah konflik sebagai variabel penting dalam peta perpolitikan global. (https://www.jawapos.com/read/2017/10/26/164766/gelar-ambassadors-talks-frkasi-pks-kuatkan-fungsi-diplomasi-parlemen)

 

SHARE
Previous articlePKS dan Gerindra Satu Suara, Menolak Perppu Ormas Disahkan Menjadi UU
Next articlePesan Sumpah Pemuda Ketua Fraksi PKS DPR
Dr. H. Jazuli Juwaini, MA Tempat/Tgl Lahir: Bekasi, 2 Maret 1965 Alamat: Jl. Musyawarah No. 10 RT 04/04 Kampung Sawah, Ciputat, Tangsel Riwayat Pendidikan: S1 - Univeristas Muhammad Ibnu Saud Fakultas Syariah S2 - Institut Ilmu Alqur'an Jakarta, Jurusan Tafsir Hadits S3 - Universitas Negeri Jakarta Program MSDM Riwayat Pekerjaan dan Organisasi: -Dosen di Universitas Sahid Jakarta -Anggota DPR/MPR (2004-2009) -Anggota DPR/MPR (2009-2014) -Anggota DPR/MPR (2014-2019) -Ketua Fraksi PKS (2014-2019) -Ketua Dewan Pemakmuran Masjid Indonesia (1999-2004) -Ketua PB Mathla'ul Anwar Bidang Organisasi dan SDM (2008-2013) -Anggota Majelis Wali Amanah PB Mathla'ul Anwar (2013-2018) -Ketua Bid Ekonomi DPP PKS (2009-2014) Publikasi Buku: 1. Menunaikan Amanah Umat (Pustaka Gading Mas, 2006) 2. Otonomi Sepenuh Hati: Evaluasi Implemenasi Otda di Indonesia (I’tishom, 2007); 3. Memimpin Perubahan di Parlemen(I’tishom, 2009); 4. Revitalisasi Pendidikan Islam (Bening Citra Publishing, 2011); 5. Problematika Sosial dan Solusinya(Kholam Publishing, 2012); 6. Otonomi Sepenuh Hati (Edisi Revisi) (Idea, 2015) 7. Mengawal Reformasi, Mengokohkan Demokrasi (Idea, 2015); 8. Menjadikan Demokrasi Bermakna (Idea, 2015) 9. Ulama dan Pesantren Mewariskan Indonesia Merdeka (Idea, 2017) 10. Dahsyatnya Kekuatan Doa (2017) Karya Penelitian Ilmiah: 1. Tesis Arti Penting Asbab Al-nuzul Terhadap Penafsiran Ayat-ayat Hukum (IIQ, 2007) 2. Disertasi Perubahan dan Pengembangan Organisasi DPR Pasca Perubahan UUD 1945 (UNJ, 2016)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.