Ketua Fraksi PKS DPR RI Ajak Masyarakat Teladani KH Abdul Wahab Chasbullah: Perintis Dakwah Ahlussunnah wal Jamaah dan Pejuang Kemerdekaan Indonesia

0
56

Jakarta (22/06) — Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini menyambut penuh hormat Haul KH Abdul Wahab Chasbullah, tokoh pendiri Nahdatul Ulama bersama KH Hasyim Asyari, yang akan dilaksanakan terpusat di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang Jawa Timur (Selasa, 22 Juni 2021). Acara ini akan disiarkan secara live melalui 250 youtube channel pukul 19.00.

Jazuli Juwaini menghimbau seluruh masyarakat, khususnya kader-kader PKS, untuk mengikuti Haul KH Wahab Chasbullah dengan seksama untuk mengambil keteladanan yang luar biasa dari Beliau rahimahullah.

Menurut Jazuli, KH Wahab Chasbullah adalah ulama besar yang dimiliki bangsa Indonesia. Kita semua menghormati beliau sebagai perintis dakwah ahlussunnah wal jamaah dan pejuang kemerdekaan Republik Indonesia.

“Beliau teladan yang luar biasa bagi rakyat Indonesia khususnya umat Islam. Perjuangannya untuk menyatukan umat dan rakyat Indonesia sangat kita hormati. Sehingga beliau sangat layak menjadi Pahlawan Nasional yang dikukuhkan sejak tahun 2014,” ungkap Jazuli.

KH Wahab Chasbullah yang lahir pada 31 Maret 1888 ini, menurut Anggota Komisi I DPR Dapil Banten, tak henti-hentinya melakukan ijtihad demi menyatukan dan memajukan rakyat Indonesia yang saat itu dikepung penjajahan, kebodohan, kejumudan dan ancaman perpecahan.

“Berturut-turut beliau mendirikan Nahdatul Wathon atau Kebangkitan Negeri pada tahun 1916 untuk menggelorakan semangat juang rakyat melawan penjajah. Lalu, Nahdatul Tujjar atau Kebangkitan Pedagang pada tahun 1918 sebagai pusat penggalangan dana untuk membiayai dakwah dan kemerdekaan Indonesia,” terangnya.

Beliau juga mendirikan kelompok diskusi pemikiran Tashwirul Afkar pada tahun 1919 untuk mencerdaskas dan membuka cakrawala pemikiran umat, menjadi simpul komunikasi antar elemen umat, juga untuk kaderisasi intelektual di kalangan umat Islam. Selanjutnya, beliau punya peran besar dalam merintis kelahiran Nahdatul Ulama atau Kebangkitan Ulama bersama Hadratussyaikh KH Hasyim Asyari, yang kita kenal sebagai ormas Islam terbesar di Indonesia hingga kini. Ketika Resolusi Jihad diserukan oleh Hadratussyaikh, KH Wahab adalah panglima lapangan yang memastikan implementasinya di seluruh wilayah.

Ketua Fraksi PKS juga menyebut bahwa KH Wahab Chasbullah terus berupaya menyatukan umat untuk kemerdekaan melalui pendirian Majelis Islam Ala Indonesia atau MIAI bersama KH Ahmad Dahlan dan KH Mas Mansur di masa pendudukan Jepang tahun 1937. Beliau juga aktif berkiprah sebagai penasehat Masyumi bersama kalangan NU dan Muhammadiyah.

“Jangkauan pemikiran dan aktivisme KH Wahab Chasbullah jauh ke depan di masanya. Beliau sudah berfikir bagaimana membangun nasionalisme bangsa yang dijiwai oleh nilai-nilai Islam dan umat Islam harus bangkit terdepan dalam menyatukan rakyat untuk kemerdekaan Indonesia. Kita kirimkam Al-Fatihah untuk beliau seraya berdoa kita semua mampu meneladani perjuangan beliau,” pungkas Jazuli.

BERITA LAINNYA :

https://jakarta.tribunnews.com/2021/06/23/ketua-fraksi-pks-kenang-keteladanan-ulama-besar-kh-abdul-wahab-chasbullah

https://www.jpnn.com/news/jazuli-mengajak-umat-meneladan-kh-wahab-chasbullah

https://politik.rmol.id/read/2021/06/22/493208/kh-wahab-hasbullah-perintis-dakwah-ahlussunnah-wal-jamaah-sekaligus-pejuang-kemerdekaan

http://www.teropongsenayan.com/122378-ketua-fraksi-pks-ajak-masyarakat-teladani-kh-abdul-wahab-chasbullah

https://mnctrijaya.com/news/detail/44366/pks-ajak-masyarakat-teladani-kh-abdul-wahab-chasbullah

https://www.wartaekonomi.co.id/read347022/ustaz-jazuli-pks-ajak-masyarakat-teladani-sosok-kh-abdul-wahab-chasbullah

https://www.lintasparlemen.com/pks-ajak-rakyat-teladani-kh-abdul-wahab-chasbullah-perintis-dakwah-ahlussunnah-wal-jamaah-dan-pejuang-kemerdekaan-ri/

https://fraksi.pks.id/2021/06/22/ajak-masyarakat-teladani-kh-abdul-wahab-chasbullah-ketua-fpks-perintis-dakwah-ahlussunnah-wal-jamaah-dan-pejuang-kemerdekaan-indonesia/

https://jazulijuwaini.com/2021/06/ajak-masyarakat-teladani-kh-abdul-wahab-chasbullah-ketua-fpks-perintis-dakwah-ahlussunnah-wal-jamaah-dan-pejuang-kemerdekaan-indonesia/

https://beritalima.com/perintis-dakwah-ahlussunnah-jazuli-ajak-teladani-kh-abdul-wahab-chasbullah/

https://satubanten.com/ketua-fraksi-pks-dpr-ri-ajak-masyarakat-teladani-kh-abdul-wahab-chasbullah-perintis-dakwah-ahlussunnah-wal-jamaah-dan-pejuang-kemerdekaan-indonesia/

https://pewartasatu.com/ulama-besar-patut-diteladani-jazuli-imbau-seluruh-kader-pks-ikut-haul-kh-wahab/

http://possore.com/2021/06/22/ketua-fraksi-pks-sebut-kh-abdul-wahab-chasullah-ulama-besar-pantas-diteladani-umat/

https://www.senayanpost.com/ketua-fraksi-pks-dpr-ri-ajak-masyarakat-teladani-kh-abdul-wahab-chasbullah

SHARE
Previous articleKetua Fraksi PKS DPR RI Dapat Anugerah Anggota Kehormatan dari Perguruan Silat Red Beksi
Next articleFraksi PKS DPR: Tolak Denda Rakyat, Tapi Dorong Kesadaran Warga Untuk Sadar Prokes dan Vaksin
Dr. H. Jazuli Juwaini, MA Tempat/Tgl Lahir: Bekasi, 2 Maret 1965 Alamat: Jl. Musyawarah No. 10 RT 04/04 Kampung Sawah, Ciputat, Tangsel Riwayat Pendidikan: S1 - Univeristas Muhammad Ibnu Saud Fakultas Syariah S2 - Institut Ilmu Alqur'an Jakarta, Jurusan Tafsir Hadits S3 - Universitas Negeri Jakarta Program MSDM Riwayat Pekerjaan dan Organisasi: -Dosen di Universitas Sahid Jakarta -Anggota DPR/MPR (2004-2009) -Anggota DPR/MPR (2009-2014) -Anggota DPR/MPR (2014-2019) -Ketua Fraksi PKS (2014-2019) -Ketua Dewan Pemakmuran Masjid Indonesia (1999-2004) -Ketua PB Mathla'ul Anwar Bidang Organisasi dan SDM (2008-2013) -Anggota Majelis Wali Amanah PB Mathla'ul Anwar (2013-2018) -Ketua Bid Ekonomi DPP PKS (2009-2014) Publikasi Buku: 1. Menunaikan Amanah Umat (Pustaka Gading Mas, 2006) 2. Otonomi Sepenuh Hati: Evaluasi Implemenasi Otda di Indonesia (I’tishom, 2007); 3. Memimpin Perubahan di Parlemen(I’tishom, 2009); 4. Revitalisasi Pendidikan Islam (Bening Citra Publishing, 2011); 5. Problematika Sosial dan Solusinya(Kholam Publishing, 2012); 6. Otonomi Sepenuh Hati (Edisi Revisi) (Idea, 2015) 7. Mengawal Reformasi, Mengokohkan Demokrasi (Idea, 2015); 8. Menjadikan Demokrasi Bermakna (Idea, 2015) 9. Ulama dan Pesantren Mewariskan Indonesia Merdeka (Idea, 2017) 10. Dahsyatnya Kekuatan Doa (2017) Karya Penelitian Ilmiah: 1. Tesis Arti Penting Asbab Al-nuzul Terhadap Penafsiran Ayat-ayat Hukum (IIQ, 2007) 2. Disertasi Perubahan dan Pengembangan Organisasi DPR Pasca Perubahan UUD 1945 (UNJ, 2016)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.