Kongkrit, Jazuli Juwaini Luncurkan Ambulance Gratis dan Beragam Program Layanan Rakyat di Banten

0
60

Serang (19/09) — Ketua Fraksi PKS DPR RI yang juga Anggota DPR dari Dapil Banten II (Kota/Kab Serang dan Kota Cilegon) meresmikan program layanan PKS untuk rakyat di wilayah Banten bersama Struktur DPW dan DPD PKS di Kota Serang, Ahad (19/9/2021).

Jazuli mendonasikan penghasilannya sebagai Anggota DPR untuk penyediaan 6 unit ambulance plus layanan kesehatan gratis lengkap dengan dokter dan perawat. Menurut Jazuli sejak pertama kali terpilih menjadi Anggota DPR tahun 2004 dirinya telah menetapkan empat program unggulan untuk melayani rakyat di daerah pemilihan. Pertama, layanan kesehatan. Kedua, peningkatan ekonomi dan pengembangan UMKM. Ketiga, akses dan kualitas pendidikan. Keempat, kemandirian pangan, petani, dan nelayan. Dan kelima, bantuan sosial masyarakat miskin/pra sejahtera.

“Lima program layanan rakyat tersebut telah berjalan sejak pertama kali saya menjadi anggota DPR tahun 2004 hingga saat ini meski berpindah-pindah daerah pemilihan. Untuk di Banten II kami siagakan 6 mobil ambulance gratis yang di masa pandemi ini sudah tak terhitung berapa kali hilir mudik membantu pasien covid. Selain itu, yang standby atas nama yayasan lebih banyak lagi. Total ada 15 ambulance,” ungkap Jazuli.

Untuk melengkapi layanan kesehatan, selain menyediakan ambulance, Jazuli bersama tim rumah aspirasinya rutin menyelenggarakan pengobatan gratis lengkap dengan dokter, paramedis, dan obat-obatan. Selain itu, timnya juga melayani fogging gratis untuk demam berdarah dan layanan disinfektan gratis. “Semuanya bisa diakses oleh masyarakat dengan menghubungi tim aspirasi atau struktur PKS setempat baik level DPRa maupun DPC,” terang Jazuli.

Pengembangan UMKM

Program pelayanan kepada rakyat kedua yang dilakukan Jazuli Juwaini adalah pengembangan UMKM dengan mendirikan Koperasi dan Paguyuban Usaha Bersama Sejahtera. Melalui paguyuban ini Jazuli bersama timnya menghimpun usaha kecil berbasis rumah tangga untuk diberikan pendampingan, pembinaan, pelatihan, hingga permodalan. Seperti hari ini secara langsung Jazuli memberikan bantuan modal untuk penjual nasi uduk di Kota Serang.

“Alhamdulillah, sudah ratusan usaha kecil yang mendapatkan manfaat dari program ini. Mereka kita himpun, kita berikan pelatihan, beberapa kali kita ikutkan dalam berbagai seminar kewirausahaan, dan tidak lupa kita berikan modal bergulir dan bantuan akses permodalan kepada lembaga-lembaga pemerintah,” terang Jazuli.

Prinsipnya, kata Jazuli, kita ingin masyarakat memiliki kemampuan ekonomi, berdikari atau berdiri di atas kaki sendiri, dan alhamdulillah jika sukses dapat mambantu orang lain serta mendukung kemandirian nasional.

“Siapapun bisa bergabung dalam paguyuban ini. Semakin banyak masyarakat yang tersentuh dan bergabung semakin bagus. Silakan menghubungi struktur PKS atau tim aspirasi saya,” tandas Jazuli.

Advokasi Akses dan Kualitas Pendidikan

Program ketiga yang digulirkan Jazuli Juwaini di daerah pemilihannya adalah fokus pada pengembangan kualitas sumber daya manusia melalui advokasi pendidikan mulai pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Menurutnya, Banten ini kota santri, banyak pesantren dan lembaga pendidikan, namun akses dan kualitasnya harus terus ditingkatkan agar mampu mencetak SDM pembangunan yang berkualitas. Untuk itu, Jazuli secara khusus mengagendakan webinar, pelatihan, dan pengembangan SDM secara regular berkolaborasi dengan kampus dan pakar-pakar di daerah dan nasional.

“Melalui kewenangan konstitusional sebagai Anggota DPR sudah ribuan program bantuan beasiswa, rehab, bantuan operasional untuk pelajar hingga mahasiswa dan lembaga pendidikan yang tersalurkan ke dapil. Kita juga mengadvokasi pemasangan tower-tower internet di wilayah blank spot agar aksesibilitas internet semakin luas untuk kebutuhan peningkatan kualitas SDM di era digital,” ungkap Jazuli.

Advokasi Kemandirian Pangan, Petani dan Nelayan

Anggota Komisi I DPR ini juga rajin mengadvokasi kelompok tani bahkan menjadi pembina puluhan kelompok tani di Banten. Ratusan alat mesin pertanian melalui kemiteraan dengan kementerian terkait telah didistribusikan kepada puluhan gapoktan dengan tujuan agar meningkatkan proses dan hasil pertanian menuju kemandirian dan kedaulatan pangan.

“Sejumlah gapoktan mendapatkan akses benih, pupuk, hingga binatang ternak sapi, kerbau, dan kambing. Semua kita tujukan untuk peningkatan kesejahteraan petani. Agar para petani bangga sebagai petani karena produksi pertanian bisa diandalkan sebagai mata pencaharian. Dengan demikian, petani tidak gampang menjual lahannya yang beralih fungsi menjadi pabrik-pabrik atau perumahan,” ujarnya.

Penyaluran Bansos Untuk Masyarakat Pra Sejahtera

Jazuli Juwaini bersama seluruh kader dan struktur PKS juga terus mendistribusikan bantuan sosial berupa paket sembako maupun dalam bentuk uang untuk membantu masyarakat kategori miskin atau pra sejahtera memenuhi kebutuhan pangan maupun pengobatan bagi warga yang sakit. Menurut Jazuli, kader-kader PKS ingin menjadi bagian dari solusi dengan menghadirkan solidaritas sosial nasional.

“Di masa pandemi program ini semakin ditingkatkan karena banyak saudara-saudara kita yang terdampak, putus kerja, dan kehilangan mata pencaharian sehingga sulit memenuhi kebutuhan sehari-hari. Untuk mereka ini kami diatribusikan paket sembako dan bantuan sosial lainnya. Ini juga bagian dari program nasional PKS tebar 1,7 juta paket sembako,” ungkapnya.

Seluruh program tersebut, menurut Jazuli Juwaini, bagian dari tanggung jawab sebagai wakil rakyat yang tugasnya memang menerima, mendengar, dan menyalurkan aspirasi, mengadvokasi, dan memberdayakan masyarakat.

“Ketua Majelis Syuro PKS Habib Dr. Salim Segaf Aljufri dan Presiden PKS menginstruksikan agar seluruh aleg PKS totalitas dalam melayani rakyat. Instruksi tersebut kami laksanakan dengan rutin memotong gaji dewan untuk membantu rakyat bagi korban bencana alam dan pandemi, tebar 1 juta paket qurban, tebar 1,7 juta paket sembako, dan berbagai layanan lainnya seperti yang kita laksanakan di Banten ini,” pungkas Jazuli.

BERITA LAINNYA :

https://www.lintasparlemen.com/konkret-jazuli-juwaini-luncurkan-6-ambulance-gratis-untuk-layanani-rakyat/

SHARE
Previous articleDi Tengah Konsolidasi Partai Pendukung Pemerintah, PKS Justru Semakin Mantap Beroposisi
Next articleJazuli Juwaini Gelar Vaksinasi Masal dan Sosialisasi Germas Bersama Kementerian Kesehatan di Kampus UPI Serang
Dr. H. Jazuli Juwaini, MA Tempat/Tgl Lahir: Bekasi, 2 Maret 1965 Alamat: Jl. Musyawarah No. 10 RT 04/04 Kampung Sawah, Ciputat, Tangsel Riwayat Pendidikan: S1 - Univeristas Muhammad Ibnu Saud Fakultas Syariah S2 - Institut Ilmu Alqur'an Jakarta, Jurusan Tafsir Hadits S3 - Universitas Negeri Jakarta Program MSDM Riwayat Pekerjaan dan Organisasi: -Dosen di Universitas Sahid Jakarta -Anggota DPR/MPR (2004-2009) -Anggota DPR/MPR (2009-2014) -Anggota DPR/MPR (2014-2019) -Ketua Fraksi PKS (2014-2019) -Ketua Dewan Pemakmuran Masjid Indonesia (1999-2004) -Ketua PB Mathla'ul Anwar Bidang Organisasi dan SDM (2008-2013) -Anggota Majelis Wali Amanah PB Mathla'ul Anwar (2013-2018) -Ketua Bid Ekonomi DPP PKS (2009-2014) Publikasi Buku: 1. Menunaikan Amanah Umat (Pustaka Gading Mas, 2006) 2. Otonomi Sepenuh Hati: Evaluasi Implemenasi Otda di Indonesia (I’tishom, 2007); 3. Memimpin Perubahan di Parlemen(I’tishom, 2009); 4. Revitalisasi Pendidikan Islam (Bening Citra Publishing, 2011); 5. Problematika Sosial dan Solusinya(Kholam Publishing, 2012); 6. Otonomi Sepenuh Hati (Edisi Revisi) (Idea, 2015) 7. Mengawal Reformasi, Mengokohkan Demokrasi (Idea, 2015); 8. Menjadikan Demokrasi Bermakna (Idea, 2015) 9. Ulama dan Pesantren Mewariskan Indonesia Merdeka (Idea, 2017) 10. Dahsyatnya Kekuatan Doa (2017) Karya Penelitian Ilmiah: 1. Tesis Arti Penting Asbab Al-nuzul Terhadap Penafsiran Ayat-ayat Hukum (IIQ, 2007) 2. Disertasi Perubahan dan Pengembangan Organisasi DPR Pasca Perubahan UUD 1945 (UNJ, 2016)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.