Kemenag Harus Perhatikan Kelaikan Transportasi Haji

0
40

Senayan – Wakil Wakil KetuaKomisi III Jazuli Juwaini mendesak Kementerian Agama untuk memperhatikan betul kelaikan kendaraan yang disewa untuk mobilitas jemaah calon haji di Tanah Suci. Sehingga, musibah terbakarnya bus yang mengangkut 47 jemaah calon haji kloter 13 Ujungpandang, Senin (8/10) sore, tidak boleh terulang.

Seperti diberitakan, bus terbakar saat mengangkut jemaah dari Madinah ke Mekkah. Kepada Jurnalparlemen.com, Jumat (12/10), Jazuli meminta pada petugas haji Kemenag di Arab Saudi melakukan evaluasi terhadap mobil yang disewa untuk melayani calhaj. Mobil atau bus harus memenuhi standar agar bisa keselamatan penumpang terjamin. “Tolak kendaraan yang umurnya telah lebih tiga tahun,” ujarnya.

Lebih lanjut Jazuli mengatakan, hal itu penting dilakukan untuk memperkecil kemungkinan terjadinya musibah serupa. “Memang musibah seperti itu kan tidak kita inginkan dan kita juga tidak pernah tahu. Tetapi kita kan perlu mengikhtiarkan secara maksimal, untuk mencegah terjadinya musibah seperti itu.”

Politisi PKS ini juga meminta petugas Kemenag memperhatikan layanan makanan bagi calhaj yaitu. Makanan yang diberikan tidak boleh harus memenuhi standar gizi. Jangan ada yang tidak layak dikonsumsi, beracun, atau basi. Hal ini penting agar kasus muntaber yang dialami calhaj beberapa tahun lalu tidak terulang.
end

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.