Ketua Fraksi PKS Minta Masyarakat Bersabar Menanti Janji Penegakan Hukum

0
59

Jazulijuwaini.com–Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini mengapresiasi demonstrasi 4 November 2016 yang berjalan kondusif. Ia memuji Wapres  Jusuf Kalla yang mau menerima utusan demonstran.

“Kemarin utusan demonstran sudah diterima Pak Wapres. Kita harus apresiasi Bapak Jusuf Kalla yang mau menerima utusan demonstran beserta Bapak Kapolri yang sudah berjanji akan memproses saudara Ahok yang diduga menistakan Al-quran dalam waktu dua pekan selesai,” kata Jazuli melalui pesan singkat, Sabtu (5/11/2016).

Jazuli mengaku hadir memantau demonstrasi 4 November 2016. Ia menilai sepanjang siang hingga sore hari demonstrasi berjalan tertib dan damai.

Menurut Jazuli jumlah pendemo yang mencapai jutaan menunjukkan seriusnya masalah penodaan agama dan konsen umat Islam Indonesia terkait penegakan hukum yang tegas dan adil terhadap kasus ini.

“Luar biasa dengan jumlah demikian besar dan terbesar sepanjang sejarah penyampaian pendapat di muka umum di Indonesia, demonstrasi relatif aman terkendali,” kata Jazuli. Hanya saja, Anggota Komisi I ini menyesalkan terjadinya sedikit rusuh setelah masuk petang.

Menurut Jazuli ini ada beberapa kemungkinan pemicunya. “Pertama pendemo kecewa karena harapannya sudah besar ingin bertemu dengan Presiden tapi harapan itu tidak dipenuhi,” ujar Jazuli.

Menurut Jazuli, suasana kondusif tetap terjaga seandainya Presiden Joko Widodo menemui pengunjuk rasa. Buktinya ketika utusan pendemo ditemui Wakil Presiden tuntutan mereka tidak berubah hanya minta saudara Ahok yang diduga menista agama segera diproses hukum.

“Penicu kedua bisa jadi ada penyusup dan provokator makanya terjadinya ricuh sudah malam karena sudah tidak lagi bisa terlihat dengan jelas siapa melakukan apa,” kata Jazuli.

Di sini saya pernah mewanti-wanti agar demonstran waspada. Begitu pula dengan aparat, jangan pukul rata, harus mampu mendeteksi dengan teliti mana provokator dan mana demonstran.

“Kalau aparat salah mengidentifikasi dan menangani ini bisa fatal akibatnya. Aparat semestinya tidak mudah terprovokasi situasi, harus cermat dan lebih bijak, ” kata Jazuli.

Atas keseluruhan aksi demonstrasi damai kemarin, Jazuli berharap kepada seluruh umat Islam dan warga negara Indonesia untuk bersabar menanti hasil kesepakatan yang telah dicapai sejauh ini.

Ia juga meminta seluruh komponen umat dan warga negara menghormati janji dan komitmen Jusuf Kalla dan janji komitmen Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian. “Kita harus sabar dulu. Mudah-mudahan aparat penegak hukum bisa dengan adil, objektif dan arif bijaksana dalam menegakan hukum di negeri ini,” ujar Jazuli. (http://www.tribunnews.com/nasional/2016/11/05/ketua-fraksi-pks-minta-masyarakat-bersabar-menanti-janji-penegakan-hukum?page=2)

SHARE
Previous articleDemo 4 November, Aparat Keamanan Harus Hindari Tindakan Represif
Next articleJazuli Hadiri Pelatihan Perempuan Siaga Dasar PKS Banten
Dr. H. Jazuli Juwaini, MA Tempat/Tgl Lahir: Bekasi, 2 Maret 1965 Alamat: Jl. Musyawarah No. 10 RT 04/04 Kampung Sawah, Ciputat, Tangsel Riwayat Pendidikan: S1 - Univeristas Muhammad Ibnu Saud Fakultas Syariah S2 - Institut Ilmu Alqur'an Jakarta, Jurusan Tafsir Hadits S3 - Universitas Negeri Jakarta Program MSDM Riwayat Pekerjaan dan Organisasi: -Dosen di Universitas Sahid Jakarta -Anggota DPR/MPR (2004-2009) -Anggota DPR/MPR (2009-2014) -Anggota DPR/MPR (2014-2019) -Ketua Fraksi PKS (2014-2019) -Ketua Dewan Pemakmuran Masjid Indonesia (1999-2004) -Ketua PB Mathla'ul Anwar Bidang Organisasi dan SDM (2008-2013) -Anggota Majelis Wali Amanah PB Mathla'ul Anwar (2013-2018) -Ketua Bid Ekonomi DPP PKS (2009-2014) Publikasi Buku: 1. Menunaikan Amanah Umat (Pustaka Gading Mas, 2006) 2. Otonomi Sepenuh Hati: Evaluasi Implemenasi Otda di Indonesia (I’tishom, 2007); 3. Memimpin Perubahan di Parlemen(I’tishom, 2009); 4. Revitalisasi Pendidikan Islam (Bening Citra Publishing, 2011); 5. Problematika Sosial dan Solusinya(Kholam Publishing, 2012); 6. Otonomi Sepenuh Hati (Edisi Revisi) (Idea, 2015) 7. Mengawal Reformasi, Mengokohkan Demokrasi (Idea, 2015); 8. Menjadikan Demokrasi Bermakna (Idea, 2015) 9. Ulama dan Pesantren Mewariskan Indonesia Merdeka (Idea, 2017) 10. Dahsyatnya Kekuatan Doa (2017) Karya Penelitian Ilmiah: 1. Tesis Arti Penting Asbab Al-nuzul Terhadap Penafsiran Ayat-ayat Hukum (IIQ, 2007) 2. Disertasi Perubahan dan Pengembangan Organisasi DPR Pasca Perubahan UUD 1945 (UNJ, 2016)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.