Bangkitkan Semangat Nasionalisme, Fraksi PKS Gelar Lomba Penulisan Kebangsaan

0
159

Jazulijuwaini.com–Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini, mengatakan bahwa Lomba Penulisan Kebangsaan ini merupakan salah satu usaha daro pihaknya untuk terus mengobarkan semangat nasionalisme kepada seluruh rakyat Indonesia khususnya generasi muda yang mulai hilang saat ini.

”Visi diselenggarakannya lomba ini adalah dalam rangka mengokohkan semangat nasionalisme di kalangan generasi bangsa untuk mewujudkan Indonesia yang berkarakter, bermartabat, adil, dan sejahtera,” terang Jazuli dalam keterangan tertulisnya di Jakarta (8/12)
Berdasarkan visi tersebut, Fraksi PKS menetapkan tujuan acara sebagai berikut: Pertama, merevitalisasi semangat kebangsaan/nasionalisme Indonesia dalam segenap aspek kehidupan berbangsa dan bemegara. Kedua, mendorong generasi bangsa untuk menuangkan gagasan kebangsaan yang bernas dan inspiratif serta relevan dengan tantangan zaman.
Ketiga, menggali dan menyebarkan inspirasi nilai-nilai kebangsaan yang tumbuh dan berkembang di masyarakat. Keempat, memperkuat identitas dan karakter kebangsaan Indonesia menghadapi tantangan globalisasi dan modernisasi. Kelima, membangun tanggung jawab bersama khususnya dari kalangan generasi muda dalam menjaga NKRI dengan gagasan dan
karya nyata.
”Dengan visi dan tujuan itu, diharapkan spirit dan gagasan yang dihimpun dari lomba ini dapat memperkuat identitas dan karakter kita sebagai bangsa. Menjadikan Indonesia bermartabat di hadapan bangsa-bangsa dunia. Serta mampu mewujudkan keadilan dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia,” ungkapnya.
Anggota Komisi I ini menjelaskan bahwa nasionalisme Indonesia menghadapi tantangan yang tidak mudah baik dari dalam maupun luar. Serbuan budaya luar akibat globalisasi menggerus identitas dan karakter kita sebagai bangsa. Kita juga dihadapkan pada realitas bangsa yang didera berbagai masalah multidemensional utamanya menyangkut kesejahteraan rakyat.
“Untuk itu setiap warga bangsa diharapkan mengambil peran dan tanggung jawab menjaga dan memajukan republik ini dengan upaya-upaya mengobarkan semangat nasionalisme yang produktif,” tandasnya.
Tema yang diangkat dalam Lomba Penulisan Kebangsaan Ke-2 ini adalah “Islam dan Patriotisme Kebangsan”. Menurut Jazuli dengan mengangkat tema ini Fraksi PKS ingin mendorong umat Islam Indonesia sebagai rakyat mayoritas agar memainkan peran utama untuk menjaga ruh kebangsaan Indonesia yang berkarakter relijius dengan dasar Ketuhanan Yang
Maha Esa. Serta peran-peran memajukan NKRI dalam bingkai persatuan dan kesatuan serta dalam menjaga kebhinnekaan. “Islam adalah faktor yangmengulguhkan. (sentripetal) bangunan kebangsaan Indonesia. Tanpa faktor Islam bangunan keindonesia menjadi tidak utuh. Bahkan peran umat Islam tercatat
dengan tinta emas dalam setiap episode sejarah sejak perjuangan merebut kemerdekaan hingga fase pembentukan negara bangsa sampai saat ini,” pungkasnya. ( http://www.satupembaruan.com/2016/12/bangkitkan-semangat-nasionalisme-fraksi.html?m=1)
SHARE
Previous articleDeregulasi DNI: Quo Vadis Paket Kebijakan Investasi Nasional
Next articleKetua Fraksi PKS DPR Meresmikan Program Hari Aspirasi Fraksi PKS DPRD se-Banten
Dr. H. Jazuli Juwaini, MA Tempat/Tgl Lahir: Bekasi, 2 Maret 1965 Alamat: Jl. Musyawarah No. 10 RT 04/04 Kampung Sawah, Ciputat, Tangsel Riwayat Pendidikan: S1 - Univeristas Muhammad Ibnu Saud Fakultas Syariah S2 - Institut Ilmu Alqur'an Jakarta, Jurusan Tafsir Hadits S3 - Universitas Negeri Jakarta Program MSDM Riwayat Pekerjaan dan Organisasi: -Dosen di Universitas Sahid Jakarta -Anggota DPR/MPR (2004-2009) -Anggota DPR/MPR (2009-2014) -Anggota DPR/MPR (2014-2019) -Ketua Fraksi PKS (2014-2019) -Ketua Dewan Pemakmuran Masjid Indonesia (1999-2004) -Ketua PB Mathla'ul Anwar Bidang Organisasi dan SDM (2008-2013) -Anggota Majelis Wali Amanah PB Mathla'ul Anwar (2013-2018) -Ketua Bid Ekonomi DPP PKS (2009-2014) Publikasi Buku: 1. Menunaikan Amanah Umat (Pustaka Gading Mas, 2006) 2. Otonomi Sepenuh Hati: Evaluasi Implemenasi Otda di Indonesia (I’tishom, 2007); 3. Memimpin Perubahan di Parlemen(I’tishom, 2009); 4. Revitalisasi Pendidikan Islam (Bening Citra Publishing, 2011); 5. Problematika Sosial dan Solusinya(Kholam Publishing, 2012); 6. Otonomi Sepenuh Hati (Edisi Revisi) (Idea, 2015) 7. Mengawal Reformasi, Mengokohkan Demokrasi (Idea, 2015); 8. Menjadikan Demokrasi Bermakna (Idea, 2015) 9. Ulama dan Pesantren Mewariskan Indonesia Merdeka (Idea, 2017) 10. Dahsyatnya Kekuatan Doa (2017) Karya Penelitian Ilmiah: 1. Tesis Arti Penting Asbab Al-nuzul Terhadap Penafsiran Ayat-ayat Hukum (IIQ, 2007) 2. Disertasi Perubahan dan Pengembangan Organisasi DPR Pasca Perubahan UUD 1945 (UNJ, 2016)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.