Pemerintah Harus Kerja Keras Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

0
19

Jazulijuwaini.com–Fraksi PKS DPR RI menyelenggarakan Diskusi Publik Evaluasi Kinerja Pemerintahan Jokowi-JK di Gedung DPR Jakarta, Senin (11/12).  Evaluasi kinerja akhir  tahun ini  bagian dari kewajiban parlemen secara konstitusional untuk melakukan kontrol dan perbaikan kinerja pemerintah.

“Evaluasi ini bukan karena PKS  partai oposisi,  tapi kewajiban parlemen  yang diamanatkan konstitusi. Hasilnya kita harapkan dapat menjadi masukan perbaikan kinerja pemerintah untuk  kepentingan rakyat,” kata Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini.

Menurut Jazuli, agar penilaian lebih objektif, PKS  sengaja mengundang pihak  pemerintah,  pakar dan akademisi yang sekaligus memberi ruang pada anak bangsa  terlibat dan peduli terhadap perjalanan bangsa dan negara.

Baca:  Dipecat, Fahri Hamzah Akan Gugat Presiden PKS

Hasil  diskusi kata Jazuli,  bukan untuk mecari-cari kesalahan tapi untuk peningkatan dan perbaikan kinerja. Fraksi PKS ingin bangsa dan negara  makin maju, penegakan supremasi hukum  berkeadilan, hukum tegak dan tidak menjadi alat kekuasaan, pembangunan politik,  demokrasi makin kondusif.

Dikatakan,  pemerintahan Jokowi-JK pada awal memerintah memberikan harapan dan optimisme bahwa ekonomi akan meroket di tahun kedua dan seterusnya. Tapi, dalam evaluasi Fraksi PKS janji ekonomi meroket tersebut  masih jauh panggang dari api.

Jazuli juga mengapresiasi sejumlah capaian positif pemerintah antara lain percepatan pembangunan infrastruktur, meski demikian kita tidak boleh abai pada rendahnya capaian ekonomi secara umum terutama dalam aspek fundamental kesejahteraan rakyat.

Baca:  Masyarakat Diminta Kawal Penataan Gedung DPR

 “Ekonomi Indonesia belum menunjukkan perkembangan menggembirakan. Pertumbuhan ekonomi masih bergerak rata-rata di bawah 5 persen per tahun. Angka tersebut jauh dari target pemerintah, dalam RPJMN 2015-2019 sebesar 7 persen per tahun,” katanya.

Kurang maksimalnya pertumbuhan ekonomi, lanjut dia,  memengaruhi kemampuan pemerintah menekan persoalan sosial, seperti kemiskinan, pengangguran, dan ketimpangan pendapatan.

Jumlah penduduk miskin melonjak pada Maret 2017. Sebagian besar tenaga kerja bekerja di sektor yang rendah dalam tingkat pendidikan, produktivitas dan upah. Sehingga, relatif sulit menekan ketimpangan pendapatan.

Baca:  DPR Optimis Pertumbuhan Ekonomi Capai Target

Ditambahkan,  pertumbuhan ekonomi yang rendah, diikuti dengan perlambatan peranan sektor penyerap tenaga kerja, seperti sektor pertanian, pertambangan, dan industri pengolahan.

Pemerintah pun belum berhasil menaikkan posisi daya saing ekonomi nasional secara signifikan, sehingga realisasi investasi bergerak lamban. Bahkan pemerintah mengeluarkan kebijakan yang tidak pro rakyat. Misalkan menaikan  harga  bbm, listrik, biaya pengurusan STNK termasuk kebijakan perpajakan yang memberatkan

Dengan catatan evaluasi di atas, Fraksi PKS berharap di sisa pemerintahan Jokowi-JK yang tinggal dua tahun akan mengalami perbaikan signifikan. Tahun 2018, ekonomi global diproyeksi membaik dan diharapkan dapat berdampak positif bagi ekonomi nasional. http://beritapagi.co.id/2017/12/11/pemerintah-harus-kerja-keras-tingkatkan-kesejahteraan-rakyat.html

SHARE
Previous articleKetua Fraksi PKS: Janji Ekonomi Jokowi Meroket Masih Jauh Panggang Dari Api
Next articleSyal Indonesia-Palestina Melingkar di Leher Anggota Fraksi PKS DPR RI. Ketua Fraksi PKS: Kami Cinta Palestina!
Dr. H. Jazuli Juwaini, MA Tempat/Tgl Lahir: Bekasi, 2 Maret 1965 Alamat: Jl. Musyawarah No. 10 RT 04/04 Kampung Sawah, Ciputat, Tangsel Riwayat Pendidikan: S1 - Univeristas Muhammad Ibnu Saud Fakultas Syariah S2 - Institut Ilmu Alqur'an Jakarta, Jurusan Tafsir Hadits S3 - Universitas Negeri Jakarta Program MSDM Riwayat Pekerjaan dan Organisasi: -Dosen di Universitas Sahid Jakarta -Anggota DPR/MPR (2004-2009) -Anggota DPR/MPR (2009-2014) -Anggota DPR/MPR (2014-2019) -Ketua Fraksi PKS (2014-2019) -Ketua Dewan Pemakmuran Masjid Indonesia (1999-2004) -Ketua PB Mathla'ul Anwar Bidang Organisasi dan SDM (2008-2013) -Anggota Majelis Wali Amanah PB Mathla'ul Anwar (2013-2018) -Ketua Bid Ekonomi DPP PKS (2009-2014) Publikasi Buku: 1. Menunaikan Amanah Umat (Pustaka Gading Mas, 2006) 2. Otonomi Sepenuh Hati: Evaluasi Implemenasi Otda di Indonesia (I’tishom, 2007); 3. Memimpin Perubahan di Parlemen(I’tishom, 2009); 4. Revitalisasi Pendidikan Islam (Bening Citra Publishing, 2011); 5. Problematika Sosial dan Solusinya(Kholam Publishing, 2012); 6. Otonomi Sepenuh Hati (Edisi Revisi) (Idea, 2015) 7. Mengawal Reformasi, Mengokohkan Demokrasi (Idea, 2015); 8. Menjadikan Demokrasi Bermakna (Idea, 2015) 9. Ulama dan Pesantren Mewariskan Indonesia Merdeka (Idea, 2017) 10. Dahsyatnya Kekuatan Doa (2017) Karya Penelitian Ilmiah: 1. Tesis Arti Penting Asbab Al-nuzul Terhadap Penafsiran Ayat-ayat Hukum (IIQ, 2007) 2. Disertasi Perubahan dan Pengembangan Organisasi DPR Pasca Perubahan UUD 1945 (UNJ, 2016)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.